Jumat, 18 Oktober 2019

Inilah Gigitan Tyson Ke Telinga Holyfield Yang Tidak Terlupakan 2019

negaraqq - Inilah Gigitan Tyson Ke Telinga Holyfield Yang Tidak Terlupakan 2019 - Duel Evander Holyfield dan Mike Tyson di atas ring MGM Grand Arena, Caesar Oalace, Las Vegas, pada 28 Juni 1997 menjadi catatan sejarah besar bagi kelas berat tinju dunia. Insiden itu menjadi kenangan yang sulit dilupakan banyak orang.

Inilah Gigitan Tyson Ke Telinga Holyfield Yang Tidak Terlupakan 2019
Inilah Gigitan Tyson Ke Telinga Holyfield Yang Tidak Terlupakan 2019

Pertarungan keduanya dalam perebutan gelar juara dunia WBA (World Boxing Association) sebenarnya sudah direncanakan sebelum 1996. Namun, sebelumnya Holyfield harus lebih dulu menghadapi Riddick Bowe sebagai mandatory fight atau pertarungan wajib.

Begitu juga Tyson yang harus melakoni tarung untuk mengalahkan James Douglas terlebih dahulu sebelum jumpa Holyfield. Sayangnya Holyfield kalah pada pertarungan melawan Bowe yang digelar di Thomas & Mack Center, Las Vegas pada 1992 itu. Sama halnya dengan Tyson yang kalah KO dari James Douglas dalam perebutan gelar juara dunia di Tokyo Dome, 2 November 1990.

Keduanya harus menunggu lagi sebelum resmi naik ring di MGM Grand, Las Vegas pada 9 November 1996. Holyfield, petinju berjuluk 'The Real Deal' itu menang TKO di ronde 11 pada pertemuan perdana mereka.

Pertarungan ulang pun digelar berdasarkan klausul yang terdapat pada kontrak duel kedua petinju setahun kemudian, tepatnya pada 28 Juni 1997 di tempat yang sama, MGM Grand. Mulanya pertandingan berjalan dengan lancar dengan jual-beli pukulan dari kedua petinju.

Masuk di ronde kedua, pertarungan berjalan semakin panas. Tyson berkali-kali mendaratkan pukulan dan membuat Holyfield yang terus memberikan provokasi sedikit goyang.

Alih-alih mau mengincar rahang kiri Holyfield, tangan kanan Tyson justru malah meleset dan kemudian merangkul leher Holyfield. Kondisi itu membuat Tyson semakin frustrasi untuk bisa membalaskan kekalahannya yang akhirnya membuat Tyson akhirnya menggigit telinga bagian kanan Holyfield sampai mengucurkan darah lalu mendorongnya.

Gigitan Tyson tersebut membuat wasit Mills Lane menghentikan pertarungan dan memotong perolehan poin Tyson sebelum duel dimuali kembali. Namun, ketika pertarungan kembali dimulai, Tyson juga kembali menggigit kuping Holyfield. Kali ini gigitan terjadi di bagian kiri yang membuat wasit 

Holyfield terlihat sangat begitu kesal sampai berusaha untuk menyerang Tyson sebelum akhirnya dipisahkan wasit kemudian meninggalkan ring.

"Saya berada di bagian terbaik dalam hidup saya untuk memimpin pertandingan itu. Jika saya tidak bisa mengalahkan dia [Holyfield] saat itu, saya tidak akan pernah bisa mengalahkan dia," ucap Tyson usai menggigit Holyfiled kala itu.

Tyson pun harus menerima hukuman dari Komisi Atletik Negara Bagian Nevada (NSAC) atas perbuatannya. Selain mencabut lisensi bertinju, Tyson juga didenda US$ 3 juta dollar dan harus menunggu setahun untuk mendapatkan lisensi barunya.

Meski banyak pertarungan besar lain yang dilakoni Holyfield sepanjang kariernya, tapi duel dengan Tyson 22 tahun lalu tetap menjadi yang paling fenomenal dan bersejarah. Total, Holyfield yang terakhir kali naik ring pada 7 Mei 2011 itu punya catatan rekor 44 kali menang (29 KO), 10 kali kalah (2 KO), dan dua kali seri.

Holyfield Juara Sejak Kecil

Agen Dominobet - Holyfiled yang lahir di Atmore, Alabama, Amerika Serikat pada 19 Oktober 1962 merupakan anak bungsu dari sembilan bersaudara. Holyfield juga merupakan adik lelaki paling kecil dari aktor dan penari, Bernard Holyfield.

Ia dibesarkan di sebuah Proyek Perumahan Bowen Homes yang penuh dengan kejahatan setelah pindah ke Atlanta. Saat berusia tujuh tahun, ia pernah memenangkan turnamen tinju Boys Club dan memenuhi syarat untuk bersaing di Olimpiade Junior pertama ketika berusia 13 tahun.

Kabar terakhir menyebut ia kini telah berpisah dengan istri ketiganya, Candi dan telah dikaruniai dua anak. Holyfield total memiliki 11 anak dari enam wanita berbeda.

Petinju yang kini sudah berusia 57 tahun itu juga pernah mengalami masa-masa sulit finansial dan bangkrut pada 2008 silam. Ia diketahui memiliki utang senilai US$ 10 juta yang membuat rumahnya yang berada di pinggiran kota Atlanta dilelang murah meskipun telah menghasilkan sekitar US$ 513 juta selama berkarier di dunia tinju profesionalnya.

Selain Mike Tyson, sepanjang kariernya Holyfield juga pernah berduel dengan petinju-petinju besar. Seperti saat membalaskan kekalahannya atas Riddick Bowe pada perebutan gelar juara dunia kelas berat WBA tahun 1993, kemudian meraih hasil imbang saat duel dengan Lennox Lewis di Madison Square Garden, New York dalam perebutan unifikasi gelar juara tinju dunia WBC, WBA dan IBF pada 1999.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support