Kamis, 01 Agustus 2019

Mantan Pebulu Tangkis Indonesia Taufik Hidayat Dan Tiga Rival Sekaligus Sahabatan 2019

negaraqq - Mantan Pebulu Tangkis Indonesia Taufik Hidayat Dan Tiga Rival Sekaligus Sahabatan 2019 - Taufik Hidayat punya tiga lawan berat ketika masih aktif bermain badminton di sektor tunggal putra. Mereka adalah pebulutangkis asal China dan Malaysia, Lin Dan dan Lee Chong Wei, serta Peter Gade dari Denmark.

Mantan Pebulu Tangkis Indonesia Taufik Hidayat Dan Tiga Rival Sekaligus Sahabatan 2019
Mantan Pebulu Tangkis Indonesia Taufik Hidayat Dan Tiga Rival Sekaligus Sahabatan 2019


Yang menarik, tiga rival beratnya itu juga menjadi sahabat raja Indonesia Open tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, dari tiga lawan berat ini, Taufik memiliki rekor pertemuan yang cukup baik dengan Peter Gade. Ia mencatat sembilan kali menang dan delapan kali kalah dari pemain Denmark itu.

Sempat kalah di babak final All England dan Prancis Terbuka, Taufik membalas dua kekalahan tersebut dalam babak perempat final Olimpiade 2004 di Athena. Kemenangan tersebut memuluskan langkah Taufik hingga meraih medali emas.

Dengan Lin Dan dan Chong Wei, rekor pertemuan Taufik kurang bagus. Taufik mencatat 4 kali menang dan 13 kali kalah terhadap Lin Dan. Sedangkan dengan Chong Wei, ia memiliki rekor delapan kali kalah menang dan juga 13 kali kalah.

Lin Dan pernah menghentikan langkah Taufik dalam babak 16 besar Olimpiade 2012 di London. Ajang ini dihelat kurang lebih setahun sebelum Taufik memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis.

Di babak 16 besar Olimpiade 2012, Taufik kalah dua set dari Lin Dan dengan skor 9-21 dan 12-21.

Sementara pengalaman bertanding Taufik dengan Chong Wei di partai penentuan, lebih banyak terjadi di BWF Superseries. Chong Wei tercatat lima kali menggagalkan Taufik untuk menjadi juara dalam Japan Open (2007), Indonesia Open (2009, 2010), Hong Kong Open (2010), dan Malaysia Open (2011).

Gade pensiun lebih dulu di tahun 2012 saat usianya 36 tahun dengan mengoleksi satu gelar All England, satu medali perak dan empat medali perunggu kejuaraan dunia.

Agen Dominobet - Taufik gantung raket di usia 32 pada 2013. Ia pensiun dengan memenangkan medali emas Olimpiade, medali emas Kejuaraan Dunia, plus satu perak dan dua perunggu di Kejuaraan Dunia.

Usai Taufik pensiun, Lee Chong Wei kemudian memutuskan untuk pensiun di usia 36 dari dunia bulutangkis pada 13 Juni 2019. Chong Wei mengaku ingin fokus pada kesehatan setelah setahun sebelumnya didiagnosa mengidap kanker hidung.

Taufik Hidayat juga pernah mengomentari keputusan sahabatnya itu pensiun setelah kesehatannya terganggu.

"Di satu sisi, bulutangkis kehilangan [Chong Wei]. Dia kemarin sebelum sakit, [performa] masih di atas juga. Dia salah satu pemain terbaik di dunia ini, meskipun memang dia belum pernah memenangkan Olimpiade dan Asian Games," kata Taufik kepada CNNIndonesia.com.

"Banyak orang kehilangan. Dia pasti tidak mau [pensiun], tapi ada sakit dan keputusan yang berat untuk berhenti. Ini keputusan bagus, dia memikirkan kesehatan, dan keluarga. Dunia bulutangkis kehilangan," katanya menambahkan.

Dari empat sekawan tersebut, hanya Lin Dan yang masih aktif bermain. Lin Dan sudah 35 tahun saat ini. Meski demikian, ia masih menyimpan harapan untuk bisa tampil dalam Olimpiade 2020 di Jepang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support