Sabtu, 09 Maret 2019

Jelang Pertandingan MotoGP Di Qatar Inilah Daftar Empat Pebalap Pemburu Marquez

Jelang Pertandingan MotoGP Di Qatar Inilah Daftar Empat Pebalap Pemburu Marquez - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez bakal jadi sasaran utama begitu MotoGP 2019 dimulai di Qatar, Minggu (10/3), lantaran status sebagai calon kuat juara dunia. Valentino Rossi, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Jorge Lorenzo adalah para pemburu Marquez.

Jelang Pertandingan MotoGP Di Qatar Inilah Daftar Empat Pebalap Pemburu Marquez
Jelang Pertandingan MotoGP Di Qatar Inilah Daftar Empat Pebalap Pemburu Marquez


Marquez adalah pebalap MotoGP terbaik di dunia saat ini. Marquez sukses meraih lima titel juara dunia MotoGP dalam enam musim perdana sejak ia naik kelas ke MotoGP pada 2013.

Kehebatan Marquez terasa makin mengerikan lantaran ia dominan ketika banyak pebalap yang punya potensi besar untuk jadi juara dunia, mulai dari Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales.


Dengan usia menginjak 26 tahun plus jam terbang yang makin tinggi, Marquez di atas kertas bakal makin sulit ditaklukkan. Motor Repsol Honda dalam beberapa tahun terbukti tampil stabil di berbagai tipe sirkuit. Hal itu membuat Marquez punya dukungan kuat untuk perburuan podium dan tampil stabil dari seri ke seri.

Marquez memenangkan sembilan seri MotoGP musim 2018. Marquez memang dua kali gagal finis, namun dua kegagalan itu terjadi di Australia dan Valencia, seri saat gelar juara dunia MotoGP 2018 sudah aman dalam pelukan.

Sebelum momen itu Marquez telah menunjukkan sebagai pebalap matang dan penuh pertimbangan, bukan hanya sekadar penuh talenta dan cepat. Marquez sudah bisa bersikap ikhlas untuk sekadar finis di posisi kedua atau ketiga, bila hal itu memberikan dirinya keuntungan lebih besar di klasemen keseluruhan.

Sudah tak ada lagi Marquez yang menggebu-gebu untuk selalu jadi yang tercepat dan berani ambil risiko yang membuatnya bisa terjatuh dan gagal menyelesaikan balapan.

Musim ini, Marquez akan memulai musim dengan kondisi baru mengalami operasi bahu. Marquez sempat mengaku tidak akan ada dalam kondisi 100 persen di awal musim. Meski

Berikut peluang para pemburu Marquez di MotoGP musim ini:

1. Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso sudah jadi penantang paling tangguh bagi Marc Marquez dalam dua musim terakhir ketika Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Maverick Vinales masih angin-anginan.

Perkembangan motor Ducati yang terus meningkat mendukung Dovizioso untuk bisa masuk kategori pebalap elite dan terus jadi calon kuat juara di tiap seri.

Setelah menempa pengalaman bersaing dalam perebutan gelar juara dunia di 2017, Dovizioso sejatinya punya peluang lebih bagus di 2018. Namun sejumlah kesalahan, termasuk tiga kali gagal finis dalam waktu berdekatan [Spanyol, Prancis, Catalonia] membuat Dovizioso tertinggal dari Marquez.

Musim ini Dovizioso bisa fokus penuh sebagai pebalap utama karena Jorge Lorenzo telah pergi. Danilo Petrucci kemungkinan besar tidak akan menghadirkan rivalitas panas seperti halnya Lorenzo. Tanpa kesalahan fatal seperti gagal finis, Dovizioso bisa jadi pesaing kuat Marquez dari awal hingga akhir.

2. Valentino Rossi

Untuk ukuran pebalap veteran, Valentino Rossi jelas masih punya kemampuan di atas rata-rata. The Doctor punya motivasi kuat dan kepercayaan diri yang bagus untuk bersaing dengan pebalap-pebalap muda.

Rossi memang kalah telak dari Marquez dalam dua musim terakhir, namun itu tak semata berarti Rossi sudah habis karena faktor usia. Faktor motor Yamaha yang menunjukkan penurunan signifikan juga berperan penting di balik ketidakmampuan Rossi bersaing dengan Marquez.

Dalam beberapa tes, mulai dari akhir musim lalu, motor Yamaha sudah menunjukkan peningkatan signifikan dibanding sebelumnya. Masalah terbesar, yaitu kondisi ban yang sering tidak bertahan hingga akhir balapan, seharusnya sudah bisa teratasi.

Meski Rossi merasa motor Yamaha belum ideal seperti yang diinginkan, catatan waktu menunjukkan Yamaha bisa bersaing dalam torehan waktu melawan Marquez. Jika Yamaha bisa stabil dan konsisten hingga akhir musim, maka duel Rossi vs Marquez juga bisa jadi tajuk utama MotoGP 2019

3. Maverick Vinales

Maverick Vinales adalah pebalap paling muda dari daftar rival utama Marc Marquez. Vinales sempat mengejutkan lewat kemenangan di dua seri awal bersama Yamaha pada 2017. Namun penampilan Vinales tak lagi terlihat garang seiring menurunnya penampilan Yamaha dan juga meroketnya Marquez dengan Honda.

Vinales kembali menunjukkan harapan saat ia memenangkan MotoGP Australia musim lalu sekaligus sinyal bahwa ia bisa jadi pebalap kompetitif bila didukung oleh motor yang berkualitas.

Kekurangan Vinales adalah dirinya belum punya cukup jam terbang untuk bertarung di perburuan juara dunia. Vinales kemungkinan bakal mengalami masa demam panggung di saat krusial.

4. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo adalah salah satu pebalap terbaik di era MotoGP saat ini.Lorenzo adalah satu-satunya pebalap yang mampu jadi juara dunia di era Marc Marquez.

Masalah Lorenzo setelah jadi juara dunia 2015 adalah ia tidak lagi menemukan kondisi ideal. Usai pindah ke Ducati, Lorenzo baru bisa beradaptasi di paruh musim kedua sehingga ia tak punya waktu yang cukup untuk bersaing jadi juara dunia.

Di Honda Lorenzo kembali berlomba dengan proses adaptasi. Bila Lorenzo bisa dengan cepat ada di level terbaik dan hanya butuh 2-3 seri untuk adaptasi, maka ada peluang bagus untuk Lorenzo jadi juara dunia. Jika tidak, maka Lorenzo harus menunggu di musim keduanya di Honda untuk mulai memburu Marquez.
Share:
Lokasi: Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support